Obrolan ringan untuk bersilaturrahim dan bertukar pendapat tentang Thifan Po Khan

Thursday, January 15, 2009

Wong Fei Hung

Artikel ini kiriman dari Saudara Bujank Sawunggaling melalui milis thifan-po-khan@googlegroups.com. Saya ucapkan terima kasih atas kiriman artikel ini. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Wong Fei Hung & Kungfunya

Wong fei hung mungkin dikira cuma sebuah karya fiksi dalam suatu novel silat yg terkenal... namun keberadaan sang tokoh tersebut emang exist dan toko obatnya yg terkenal itu "Pho chi lam" emang ada...dan NYATA.. tokoh ini hidup dimasa cina sebelum revolusi nasionalis yang merubah sistim dinasti kerajaan menjadi sebuah negara (asas nasionalis kebangsaa) .

Wong Fei Hung (1847-1924) adlh seorang guru bela diri, tabib, guru ilmu pengetahuan, dan revolusioner. Moto hidupnya "menolong yg lemah dan yg gak mampu". Dia anak dari seorang ahli fisika, ahli obat2an dan guru bela diri, namanya Wong Kay Ying. Ayahnya ini yg mendirikan klinik obat yg namanya Poh chi lam dan Fei Hung sbg asisten ayahnya.
Fei Hung juga seorang revolusioner krn dia diam2 menentang org2 man chu.
klo soal Kung Fu.....dia belajar kung fu dari guru ayahnya. Ia belajar dasar2 seni bela diri Hung Gar. Ia juga ahli memainkan berbagai senjata terutama tongkat. Konon legendanya dia pernah melawan 30 org di Kanton.
soal ilmu obat2an dia belajar banyak dari ayahnya.

Artikel lebih lengkap klik di sini

1 komentar:

Anonymoussaid...

saya baru tahu nih tampang Wong Fei Hung sebenarnya...

thanks buat infonya

Post a Comment

Silahkan beri komentar, kritik dan saran yang 'membangun' untuk meramaikan blog ini
* Maaf, untuk kenyamanan bersama, kami tidak akan menampilkan komentar provokatif & kurang beretika.