Obrolan ringan untuk bersilaturrahim dan bertukar pendapat tentang Thifan Po Khan

Monday, July 28, 2008

Terapi Minum Air (1)

"apakala bangun tidur minumlah air jernih satu kim"

Tanggal 4 Maret 2007 aku dapat kiriman e-mail dengan judul Terapi Enam Gelas Air, artikel tersebut menjelaskan bagaimana air bisa menyembuhkan beberapa penyakit, cara terapinya dan ada beberapa keterangan lain, aku sempat tertegun, "apakah terapi seperti ini mungkin dipraktekan?", aku kembali mengingat-ingat, sepertinya anjuran untuk minum air sebanyak itu tidak asing bagiku, pernah aku baca, tapi di mana....???

Kucari beberapa buku yang sering kubaca, dan hasilnya...., ternyata anjuran untuk minum air sebanyak itu terdapat dalam Kitab Thifan Po Khan halaman 27, bunyinya "apakala bangun tidur minumlah air jernih satu kim". Nara Sumber Thifan menjelaskan bahwa air 1 kim sama dengan 1,25 liter, di kitab tersebut tidak dijelaskan apa manfaat minum air 1 kim, bagaimana caranya, atau keterangan lainnya, sehingga anjuran ini mungkin disepelekan oleh sebagian orang-orang yang berlatih Thifan, padahal kalau dikaji dari sisi ilmiah seperti dalam artikel tersebut, manfaatnya sangat-sangat besar. Anjuran yang pernah didapat selama di latihan Thifan hanya anjuran agar minum sebanyak-banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, itu saja.

Mungkin inilah salah satu keunikan kitab thifan po khan, satu kalimat saja, kalau dikaji secara ilmiah akan membutuhkan berlembar-lembar penjelasan, sebenarnya ini adalah tantangan bagi kita semua tamid yang berlatih Thifan, perlu kajian khusus secara ilmiah untuk mendalami makna yang terkandung dalam kitab Thifan, dan tentunya dengan tuntunan "nara sumber" Thifan.

Aku yakin para pendahulu kita sudah merasakan manfaat minum air 1 kim ini, sehingga tidak perlu dijelaskan lagi lebih detil, dan mungkin karena itu sudah menjadi kebiasaan, tetapi dari generasi ke generasi kebiasaan itu hilang karena alasan-alasan klasik, malas atau ' weugah' minum air sebanyak itu ketika bangun tidur, rasanya 'enek, ingin muntah, itulah reaksi pertama ketika melakukan terapi itu, tapi bagaimana kalau dicoba dengan cara bertahap, misalnya, 1 bulan pertama minum 1 gelas kecil saja, bulan berikutnya 2 gelas dan seterusnya sampai mampu minum 1 kim.

Masalah lain yang akan sobat hadapi ketika melakukan terapi ini adalah beser (istilah sunda), kencing terus, ini normal saja yang akan sobat rasakan untuk pertama kalinya, selanjutnya biasa lagi, setiap kali sobat menambah jumlah takaran minum, reaksi kencing terus akan timbul lagi.

Posting berikutnya adalah artikel Terapi Enam Gelas Air, silahkan beri komentar dulu...

1 komentar:

Rahmat Romansah said...

Saya sudah merasakan manfaat terapi minum air ini. Sebelumnya saya punya keluhan susah buang air besar di pagi hari, sekarang Alhamdulillah sudah bisa diatasi dengan minum air putih 3-4 gelas (1 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas sebelum sholat subuh, 2 gelas setelah sholat subuh).

Post a Comment

Silahkan beri komentar, kritik dan saran yang 'membangun' untuk meramaikan blog ini
* Maaf, untuk kenyamanan bersama, kami tidak akan menampilkan komentar provokatif & kurang beretika.